Banda Aceh –  Universitas Muhammadiyah Aceh melalui Badan Penjaminan Mutu melaksanakan sosialisasi hasil survei TA 2019/2020. adapun survei yang digelar pada bulan November dan Desember 2020 yang lalu, menyangkut dengan survei pemahaman visi dan misi serta survei kepuasan civitas akademika. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Rabu (07/04). Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Fakultas Kesehatan Masyarakat dan di buka oleh Ketua Badan Penjaminan Mutu  Dr. Sri Suyanta, karena Rektor dan Wakil Rektor didalam menyambut kunjungan inspektorat Dikti dari jakarta.

Pelaksanaan Survei pemahaman visi dan misi adalah berhubungan dengan sejauh mana civitas akademika (mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan) Unmuha didalam memahami visi dan misi Unmuha. Sedangkan pelaksanaan dari sosialisasi Survey kepuasan adalah sebagai  bahan acuan dasar dalam upaya berkelanjutan terhadap perbaikan kualitas pelayanan publik Universitas Muhammadiyah Aceh melalui tindak lanjut hasil survei dalam bentuk Rencana Tindak Lanjut (RTL) oleh unit layanan yang di survey sekaligus sebagai dasar dalam pelaksanaan pelayanan administrasi. survei kepuasan ini bekerjasama dengan 4 unit Biro (ditambah 1 unit bag.), 7 Fakultas dan  6 Lembaga/UPT yang berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen.

Tujuan pelaksanaan Survey Kepuasan untuk mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan, Meningkatkan Pelayanan Kepada mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, dengan adanya masukan dari pengguna layanan. Kemudian Memantau sejauah mana pelaksanaan dari Rencana Tindak Lanjut yang telah disusun sebagaimana hasil survey kepuasan  yang telah dilaksanakan dan mengidentifikasi kelemahan atau kekurangan dari setiap komponen dalam penyelesaian masalah oleh mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

Dalam penyampaiannya, Badan Penjaminan Mutu menyatakan persentase pemahaman visi dan misi Unmuha TA 2019/2020 mahasiswa sebesar 82%, lalu Dosen 87% dan Tenaga kependidikan (Tendik) sebesar 92%, Tendik bisa dikatakan lebih sering berada di kampus untuk mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam visi dan misi Unmuha.

Untuk survei kepuasan mahasiswa Badan penjaminan mutu menyimpulkan seluruh aspek membuat mahasiswa cenderung PUAS, bahkan beberapa sarana prasarana sudah menunjukkan tingkat sangat puas, seperti mesjid, kamar kecil, tempat parkir kendaraan maupun taman.

Berbeda survei kepuasan dosen dimana aspek kepuasan berimbang walaupun didominasi oleh kategori PUAS namun beebrapa aspek membuat para dosen cukup puas dengan kecukupan pelatihan PPM, kecukupan  mempublikasikan hasil PPM, kenaikan gaji berkala, bantuan finansial kegiatan pengembangan diri dan pelayanan kesehatan.

Survei kepuasan Tenaga kependidikan didominasi oleh ketegori CUKUP PUAS, hanya beberapa aspek menunjukkan puas antara lain hubungan kerja di lingkup unit kerja, hubungan kerja di lingkungan Unmuha, ketepatan waktu pembayaran honorarium dan 1 aspek yang membuat tendik sangat puas yaitu ketepatan waktu pembayaran gaji.

Unit kerja tingkat Fakultas yang meraih indeks kinerja terbaik dalam bidang orientasi pelayanan adalah Fakultas Agama Islam dengan torehan nilai 3,96, dan unit kerja tingkat Biro yang meraih indeks kinerja terbaik dalam bidang orientasi pelayanan yaitu Biro Administrasi Akademik, dengan nilai 3,36 dan terakhir Unit kerja dengan indek kinerja terbaik tingkat lembaga/UPT yaitu Pusat Sistem Informasi dengan nilai 3,54.

dalam kesempatan ini juga BPM sempat melakukan pemilihan karyawan (Tenaga kependidikan) teladan dari seluruh unit kerja di lingkungan Unmuha yang dipilih oleh pimpinan di lingkungan kerjanya. dari keseluruhan tenaga kependidikan 74 orang maka terpilih 19 orang tenaga kependidikan yang mendapatkan predikat baik di bidang kedisiplinan, tanggungjawab,  Komunikasi, kerjasama, orientasi pelayanankomitmen, inisiatif dan produktivitas di lingkungan kerja.

Ketua Badan Penjaminan Mutu , Dr. Sri Suyanta menyampaikan “evaluasi ini dimaksudkan untuk menjaring permasalahan yang terjadi selama ini dan dijadikan sebagai i rencana tindak lanjut oleh unit-unit penyedia layanan serta menyediakan bahan penyusunan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Melalui pelaksanaan Survei Kepuasan ini diharapkan dapat mendorong unit layanan untuk terus memperbaiki layanan yang diberikan, bagi yang sudah mendapat pengahragaan ampun yang belum,  baik dari perbaikan SDM, Sarana dan Prasarana serta pengembangan Inovasi guna  penyelenggaraan layanan yang lebih baik di lingkungan Unmuha”.